Tuesday, 3 July 2012

Logo Baru Angkasa Pura I Mengangkasa


Angkasa Pura I akhirnya gerah juga dengan logo lamanya yang oldies. Pada tanggal 25 Juli lalu, Angkasa Pura I memperkenalkan logo barunya ke khalayak ramai dalam launchingnya yang berlangsung di Bali. Selain bertabur cipika-cipiki pejabat terkait, launching ini pastilah mengundang decak kagum Angkasa Pura I yang berani mengganti logo lamanya yang keramat demi sebuah cita-cita baru. Logo baru diharapkan akan memacu perusahaan untuk menjadi perusahaan internasional dengan kinerja yang lebih baik.


Pada zamannya, logo lama Angkasa Pura biru jingga sudah memenuhi standar kekerenan yang bisa diacungi jempol. Para perancang grafis zaman celana cutbray pasti cukup memahai kekerenan logo klasik tersebut. Bahkan in my personal humble opinion, logo lama bahkan terkesan lebih kuat dan stand out walau mengorbankan sisi "ramah" pada logo tersebut. Hanya saja pada logo lama, logotype sama sekali tidak tergarap.

Logo Angkasa Pura I lama (kiri) dan baru (kanan)

Ada beberapa filosofi dari logo tersebut, jelasnya, logo dilengkapi dengan tulisan airports untuk memperjelas bisnis yang digeluti. Dua tangan berjabat memberi makna bahwa Angkasa Pura siap untuk melayani dan juga melambangkan give and take atau memberi dan menerima serta together stronger yaitu bersatu semakin teguh. Warna hijau melambangkan bisnis yang membumi dipadu warna biru yang melambangkan angkasa. Dua warna itu diharapkan menjadi warna harmonis. Ada satu yang mengganjal, angka I yang berada di antara kata Angkasa Pura dan Airports sekilas mirip sekali dengan garis pembatas, sehingga bisa saja menimbulkan kerancuan.

Sepertinya as per today logo yang berganti hanya pada Angkasa Pura I, sedangkan Angkasa Pura yang lain masih setia dengan logonya yang lawas. {bhy}